Selasa, 03 April 2018

Jelly Coklat


Mufid suka Jelly coklat. Hari ini kali ketiga saya mengajak Mufid membuatnya. Di dapur, sambil menyiapkan bahan-bahan, saya meminta Mufid menyebutkan bahan-bahan yang digunakan dan cara membuat jelly coklat.



Mufid: "Ada duya (gula), pudding (bubuk jelly), ini (panci), ain (air), aduk-aduk, tiyus dimacak deh cama ibun di situ (di kompor)"
Ibun : "Terus?"
Mufid : "Tuang ke cini (sini)" sambil menunjuk cetakan agar-agar 😊

Alhamdulillah Mufid sudah bisa menyebutkan secara sederhana bahan serta alat yang diperlukan dan langkah-langkah membuat jelly coklat. Mufid juga belajar mengenal ukuran misalnya setengah gelas, satu sendok gula, dll. Setelah selesai, Mufid bilang "Ooh. Ditayo tultas duyu (ditaruh kulkas dulu) ya Bun, bian dingin?". Saya jawab, "Iya Pi, tapi sebelum dimasukkin ke kulkas, taruh di meja dulu. Kalau udah nggak panas, nggak ada uapnya, baru dimasukkin ke kulkas".

Selain menstimulus matematika logis, mengajak anak membuat kudapan sendiri bisa membuat anak paham bahwa ada proses untuk mendapatkan sesuatu dan kadang harus bersabar untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Sumber Bacaan :
Materi #6 Kelas BunSay IIP "Menstimulus Matematika Logis pada Anak"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar