Kamis, 31 Mei 2018

Adzan

Lafadz adzan

Suatu siang Mufid bilang ngantuk sekitar jam11, tapi sampai kamar setelah nen, Mufid baca buku dan main mobil-mobilan. Tak terasa adzan dzuhur berkumandang. Sambil membuka pintu kamar, Mufid bilang, "Bun, udah adzan tuh. Ayo kita minum teh, segera buka". Saya tertawa karena Mufid tidak puasa tapi mau buka puasa. Haha. Lalu saya bilang, "Ini adzan dzuhur bukan Maghrib. Kalau Mufid mau minum teh boleh, tapi Ibun nanti ya pas adzan maghrib".

#harike9 #semuaanakadalahbintang
#institutibuprofesional
#kelasbundasayang #kelasbunsayiip

Rabu, 30 Mei 2018

"Upit aja, Upit bisa"

Mufid berusaha mengambil bola yang ia tendang

Siang ini Ibun dan Mufid main bola di dalam rumah. Tak sengaja bolanya masuk ke kolong kursi yang di depannya ada meja. Kami tertawa dan Ibun menawarkan bantuan, "Mau Ibun ambilin bolanya?", Mufid menjawab "Upit aja, Upit bisa" sambil masuk ke kolong meja.

Mufid masuk ke kolong meja, Ibun mengingatkan agar Mufid hati-hati saat mengangkat kepala agar tak terbentur meja atau kursi. Mufid mencoba terus tapi tangannya tidak sampai. Akhirnya ia ke kamar mengambil sapu lidi. Mencoba mengambil bola dan Alhamdulillah berhasil.

"Wah! Mufid bisa ambil bola sendiri dari kolong kursi. Hebat!", demikian apresiasi spontan saya atas tanggung jawab dan usahanya mengambil bola yang ia tendang.

#harike8 #semuaanakadalahbintang
#institutibuprofesional
#kelasbundasayang #kelasbunsayiip

Selasa, 29 Mei 2018

Ada yang Bisa Upit Bantu?


"Aaaaaaaa", terdengar suara teriakan Ate dari dalam kamar mandi,
"Ada apa, Te? Ada yang bisa Upit bantu?", ujar Mufid sambil berjalan ke arah kamar mandi

------

"Praaak" ada suara benda jatuh di teras dan Uti sedang ada di teras.
"Ada apa, Ti? Ada yang bisa Upit bantu?" Ujar Mufid sambil berjalan ke teras.

----
MasyaAllah anakku sayang. Semoga sifat peka dan suka menolong ini terus tumbuh hingga nanti. Aamiin.

#harike7 #semuaanakadalahbintang
#institutibuprofesional
#kelasbundasayang #kelasbunsayiip

Minggu, 27 Mei 2018

Berbagi

Pagi ini Mufid bangun tidur lalu minta makan puding coklat yang dibuat bersama Ibun semalam. Ibun bukakan kulkas, Mufid mengambil 2 buah sambil mengatakan "Ini buat Upit, ini buat Ibun". Ibun menjawab, "Terima kasih Mufid mau berbagi dengan Ibun. Tapi Ibun puasa, Nak. Nanti setelah maghrib Ibun makan yaa" :)

Mufid mengambil 2 puding, untuk Mufid dan Ibun

Mufid memang suka berbagi makanan. Saat dia ingin makan sesuatu dan kami mempersilahkannya, Mufid ambil 1 untuknya, 1 untuk orang di dekatnya. Kadang setiap orang di rumah dibagi.

Alhamdulillah. Saya dan suami sama-sama dididik untuk suka berbagi, jangan pelit karena takut harta habis. Tapi kalau untuk Mufid yang bulan ini usianya 28 bulan, saya memotivasinya dengan "berbagi kebahagiaan" atau "makan bersama lebih asyik"

#harike6 #semuaanakadalahbintang
#institutibuprofesional
#kelasbundasayang #kelasbunsayiip

Kamis, 24 Mei 2018

"Tebak-tebakan"


Hari Minggu Babeh, Ibun, dan Mufid buka puasa bersama di rumah teman Babeh. 1 jam pertama Mufid terus menerus minta pulang karena merasa kurang nyaman di lingkungan baru. Kami sebagai orang tua berusaha mengajak bermain, menawarkan makanan atau aktivitas tertentu agar ia lebih nyaman. Alhamdulillah setelah 1 jam Mufid merasa lebih nyaman dan mau bermain bersama anak teman Babeh.

Awalnya mereka main bola, lalu temannya mengajak main petak umpet, kemudian Mufid menawarkan permainan lain yaitu tebak-tebakan tapi ia belum bisa mencontohkan permainan yang dimaksud.

"Main apa lagi nih?" Tanya Kakak Zizi
"Ayo Mufid, punya ide apa?" Tanya Ibun
Karena tak kunjung dijawab, untuk memancing Mufid ibun berujar, "Aha! Mufid punya ide!".
Selang beberapa menit, Mufid berucap "Main tebak-tebakan".
Ibun, "Bagaimana caranya main tebak-tebakan?"
Mufid, "tebaaak-teebakaaan" sambil membuka kedua tangan seperti pembawa acara kuis di TV.
Spontan, semua tertawa terbahak-bahak.

Menikmati tertawa bersama

#harike5 #semuaanakadalahbintang
#institutibuprofesional
#kelasbundasayang #kelasbunsayiip

Senin, 21 Mei 2018

"Macannya udah mateng"


Mufid (28 bulan) sedang "menyelamatkan" macan

"Macannya udah mateng", ujar Mufid sambil memindahkan macan dari wadah berisi air ke wadah kering. Ya, hari ini kami bermain "Selamatkan Hewan" dengan jebakan dan alat bantu yang berbeda dari hari sebelumnya. Setelah diberitahu alat permainan yang akan digunakan kali ini, Mufid bisa menggunakan tanpa diberi contoh lalu melakukan misi penyelamatan dengan gembira.

Setelah beberapa kali memindahkan, Mufid mulai berimajinasi seolah ia sedang memasak hewan. Ia melakukan beberapa gerakan seperti meniriskan minyak dan membolak-balik masakan dalam wajan. Hehe. Setelah bosan, ia beralih nonton siaran Upin dan Ipin yang banyak iklan memasaknya. Kadang ia mengajak Uti nonton, "Ti, masak, Ti". Kadang ia fokus menontonnya.

Kegemarannya akan acara demo masak menurun dari Babeh. Di rumah kadang kalau sedang rewel terpaksa diajak Uti memasak, tapi dia happy. Kadang juga mau diajak membantu di dapur. Saya juga kadang menemaninya bermain masak-masakan.

Apakah saya nggak takut Mufid nanti seperti anak perempuan? InsyaAllah tidak. Kemampuan membuat makanan sendiri adalah salah satu kemandirian yang harus dipupuk sejak dini.

#harike4 #semuaanakadalahbintang
#institutibuprofesional
#kelasbundasayang #kelasbunsayiip

Sabtu, 19 Mei 2018

Aku Suka Kebersihan

Setelah makan, saya mengingatkan Mufid untuk cuci tangan. Setelah menaruh kursi di dekat wastafel, berdiri di atas kursi, Mufid melihat semut merah yang mengerumuni makanan sisa. Hanya sedikit sekali tapi semut mau berbagi. Hebat ya.

Mufid, "Bun, kok banyak semut ya? Ada apa ini?" Sambil berusaha membuka kran air.
Ibun, "Hmmm.. Ada apa ya? Ibun nggak kelihatan dari sini"
Mufid, "Bun, toyong teyannya (krannya)"
Ibun bantu dan Mufid langsung menyiram semut itu dengan air.

Setelah semutnya pergi, Mufid membersihkan sisa makanan yang menempel sambil berkomentar "Tuh, cekayang (sekarang) bersih kan". Alhamdulillah Mufid suka menjaga kebersihan ☺

#harike3 #semuaanakadalahbintang
#institutibuprofesional
#kelasbundasayang #kelasbunsayiip

Jumat, 18 Mei 2018

Tarawih Pertama Mufid

Malam ini malam tarawih pertama Mufid. Karena Ibun sedang haid, Mufid tarawih bersama Uti (Eyang putri) dan Ate (Tante). Di masjid dekat rumah urutannya adalah sholat isya, ceramah, tarawih 8 rakaat, witir.

Saya khawatir. Saya pikir setelah ceramah, bosan, Mufid akan pulang. Ternyata Mufid pulang menjelang witir. Ate dan Uti melanjutkan witir di rumah, Mufid nen.

Menurut cerita Ate, di masjid Mufid ikut sholat sampai selesai. Saat ceramah tetap ceria. Saat tarawih ke 3 Mufid sudah tampak cemas serta sudah menguap yang ketiga kalinya, "Mbuuun", ucapnya. Selesai tarawih ke 4, "Puulaang", ucap Mufid sambil menahan tangis (air matanya sudah tampak). Akhirnya semua pulang. Hebat, Mufid! Sudah berjuang menyelesaikan tarawih tanpa Ibun.

Apa lagi yang membuat Ibun bahagia? Ate cerita bahwa Mufid bisa melafalkan ujung-ujung ayat dalam surat Al-fathihah. Saat diceritakan di rumah Mufid mengulanginya sedikit. Alhamdulillah. Segala puji hanya bagi Allah.

Perlengkapan sholat Mufid. Kenapa bukan foto anaknya? Khawatir berubah pikiran kalau kebanyakan gimik sebelum ke masjid. Hehe.


#harike2 #semuaanakadalahbintang
#institutibuprofesional
#kelasbundasayang #kelasbunsayiip

Kamis, 17 Mei 2018

Hewan pun Berwudhu


Kali keempat Mufid menyelesaikan misi menyelamatkan hewan lalu berimajinasi hewannya wudhu lalu sholat berjamaah


Pagi hari dimulai dengan komprod (komunikasi produktif) dengan Mufid (28 bulan) agar mau mandi. Saya buka buku RMA (Rumah Main Anak) 1 lalu menemukan permainan busa sabun. Langsung saya tuang air dan sabun ke blender, tapi Mama saya mengingatkan bahwa blendernya tidak bisa diberikan air, bisa bocor. Ketahuan deh jarang ngoprek di dapur. Haha. Akhirnya saya kocok-kocok blender untuk mencampur sabun dan air. Setelah jadi saya tuang ke ember dan ajak Mufid melihatnya. Alhamdulillah langsung semangat mandi. Di kamar mandi, Mufid minta hewan-hewanan dimasukkan ke dalam busa. Baiklah. Selamat bermain.

Setelah mandi apalagi masalahnya? Nggak mau selesai. Setelah diberikan waktu tambahan, saya perlihatkan mainan berikutnya yang menggunakan bihun. Setelah deal, akhirnya Mufid mau menyudahi mandinya, ganti pakaian, lalu main. Tema bermain kami hari ini "Selamatkan Hewan!". Yang pertama selamatkan dari busa, kedua selamatkan dari bihun. Alhamdulillah Mufid happy. Mainan ini juga saya adaptasi dari buku RMA 1. Barakallah untuk penulis dan tim.

Lanjut ceritanya ya. Setelah pengulangan ke-4, imajinasinya mulai berkembang. Sensory play ini mulai meluas manfaatnya. Hewan yang diselamatkan jalan-jalan, wudhu lalu sholat. Saat hewan wudhu, mufid menyanyikan lagu wudhu.
"Cuci dua tangan lalu kumurlah
Bersihkan hidung cuci mukamu
Cuci tangan kanan, cuci tangan kanan (harusnya kiri)
Basuhlah rambut, telinga, lalu kaki"

Mufid cukup mudah mengingat lagu dan menyanyikan kembali, apalagi kalau lagunya sering dinyanyikan. Kelebihan yang menurun dari Babehnya ini saya optimalkan agar Mufid mudah mengingat kebiasaan baik.

#day1 #semuaanakadalahbintang
#institutibuprofesional
#kelasbundasayang #kelasbunsayiip