Kamis, 17 Mei 2018

Hewan pun Berwudhu


Kali keempat Mufid menyelesaikan misi menyelamatkan hewan lalu berimajinasi hewannya wudhu lalu sholat berjamaah


Pagi hari dimulai dengan komprod (komunikasi produktif) dengan Mufid (28 bulan) agar mau mandi. Saya buka buku RMA (Rumah Main Anak) 1 lalu menemukan permainan busa sabun. Langsung saya tuang air dan sabun ke blender, tapi Mama saya mengingatkan bahwa blendernya tidak bisa diberikan air, bisa bocor. Ketahuan deh jarang ngoprek di dapur. Haha. Akhirnya saya kocok-kocok blender untuk mencampur sabun dan air. Setelah jadi saya tuang ke ember dan ajak Mufid melihatnya. Alhamdulillah langsung semangat mandi. Di kamar mandi, Mufid minta hewan-hewanan dimasukkan ke dalam busa. Baiklah. Selamat bermain.

Setelah mandi apalagi masalahnya? Nggak mau selesai. Setelah diberikan waktu tambahan, saya perlihatkan mainan berikutnya yang menggunakan bihun. Setelah deal, akhirnya Mufid mau menyudahi mandinya, ganti pakaian, lalu main. Tema bermain kami hari ini "Selamatkan Hewan!". Yang pertama selamatkan dari busa, kedua selamatkan dari bihun. Alhamdulillah Mufid happy. Mainan ini juga saya adaptasi dari buku RMA 1. Barakallah untuk penulis dan tim.

Lanjut ceritanya ya. Setelah pengulangan ke-4, imajinasinya mulai berkembang. Sensory play ini mulai meluas manfaatnya. Hewan yang diselamatkan jalan-jalan, wudhu lalu sholat. Saat hewan wudhu, mufid menyanyikan lagu wudhu.
"Cuci dua tangan lalu kumurlah
Bersihkan hidung cuci mukamu
Cuci tangan kanan, cuci tangan kanan (harusnya kiri)
Basuhlah rambut, telinga, lalu kaki"

Mufid cukup mudah mengingat lagu dan menyanyikan kembali, apalagi kalau lagunya sering dinyanyikan. Kelebihan yang menurun dari Babehnya ini saya optimalkan agar Mufid mudah mengingat kebiasaan baik.

#day1 #semuaanakadalahbintang
#institutibuprofesional
#kelasbundasayang #kelasbunsayiip

2 komentar:

  1. Keren mbak. Buku RMA saya belum banyak saya praktekan. Semangat ya

    BalasHapus
  2. Waaah! Dikomen mbak Yuli, jadi makin semangat nih 😁
    Baru beli mbak, masih hangat semangatnya. Hehe.

    BalasHapus