Sabtu, 14 Juli 2018

Berbagi


Kurang lebih selama 4 bulan terakhir, setiap Jumat saya, Mufid, dan Ate merutinkan berbagi pada yang kurang mampu. Kami berusaha memberikan pada anak-anak pemulung/anak penjual kerupuk tuna netra atau kakek/nenek pemulung. Kami berbagi makanan dan minuman, pernah juga berbagi buku. Hari ini ditambah berbagi uang ke panti. Saya ajak Mufid memasukkan uang ke kotak amal di depan panti asuhan. Uang yang diberikan adalah uang yang Mufid sisihkan dari THR. Semoga kelak ia paham, rejekinya (uang THR) itu bukan sepenuhnya miliknya tapi ada bagian orang yang kurang mampu di dalamnya.

Mufid menunjukkan ekspresi senang setelah memasukkan uang ke kotak, senang setelah berbagi makanan dan minuman. Alhamdulillah.

Entah sudah paham atau belum namun saya sampaikan bahwa berbagi adalah satu cara bersyukur atau berterima kasih pada Allah karena Allah sudah ngasih Mufid makanan, minuman, uang. Sementara ada teman-teman/ kakak-kakak di luar yang makan atau minumnya nggak sebanyak Mufid. Makannya bisa jadi 1x 1 hari, kalau Mufid 2-3x sehari. Mufid punya uang untuk beli mainan dan buku, kakaknya perlu nabung lebih lama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar