Sabtu, 22 September 2018

Kedekatan dengan Orang Tua


Fitrah seksualitas adalah bagaimana seseorang menjaga fitrahnya sebagai perempuan atau laki-laki meliputi aspek sosial, biologis, psikologis, dan kultural. Salah satu alasan pentingnya fitrah seksualitas dibangkitkan adalah agar dapat mengenali peran seksualitas. Salah satu tantangan terkait gender adalah tidak berperan sesuai norma.

Ada dua solusi yang ditawarkan kelompok 2 untuk menjawab tantangan terkait gender. Solusi yang pertama, tumbuhkan kedekatan orang tua dan anak dengan cara memperbanyak kegiatan bersama. 0-2 tahun lebih dekat dengan ibu, 3-6 tahun dekatkan dengan ayah ibu, 7-10 tahun dekatkan dengan orang tua yang jenis kelaminnya sama, 10-14 tahun dekatkan dengan orang tua yang jenis kelaminnya berbeda, 14 tahun ke atas anak akan memahami identitas diri.

Solusi kedua, mengajarkan adab pergaulan pada anak. Ada empat komponen adab pergaulan yaitu hijab, reproduksi, janabah, istidzan. Hijab mulai dikenalkan sejak dini pada anak serta menyampaikan tentang aurat. Reproduksi salah satunya terkait dengan aktivitas membersihkan diri. Janabah adalah menyampaikan tentang haid dan mimpi basah serta praktik mandi besar. Istidzan adalah diawali dari pisah kasur hingga pisah kamar, ada beberapa tahap. Pada solusi kedua ini juga diperlukan kedekatan orang tua dan anak agar tidak terlalu canggung saat memberikan informasi.

- Review Materi Presentasi Kel. 2 BunSay IIP Tangerang Batch #3 (Nafta, Nurul, Rosa) -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar