Jumat, 21 September 2018

Kenali Tubuhmu

Dari presentasi kel. 1 saya mendapat ilmu baru tentang Fitrah Seksualitas.

Fitrah Seksualitas adalah cara seseorang berpikir dan bersikap sesuai gender yang Allah tetapkan padanya. Penting untuk dibangkitkan agar anak hidup sesuai gendernya dan tidak terjadi penyimpangan seksual.

Tantangan yang dihadapi berkaitan dengan gender adalah kurangnya pengetahuan tentang tugas masing-masing gender, gender sesuai syariat, dan fenomena penyimpangan serta pelecehan seksual. Solusinya adalah membentengi anak dengan ilmu agama, kenalkan anak tentang gender sejak dini, kenalkan anak tentang pelecehan seksual dan cara menghindarinya sesuai usianya.

Salah satu cara menghindari anak dari pelecehan seksual adalah dengan mengenali fungsi anggota tubuh. Tujuannya agar anak mengetahui fungsi tubuh, mengetahui bagian mana yang boleh atau tidak disentuh, dan menjaga tubuh dengan baik yang merupakan amanah Allah. Media belajarnya bisa dengan lagu "Dua Mata Saya" dan "Sentuhan Boleh, Sentuhan Tidak Boleh".

Diskusi
#1 Cara menumbuhkan fitrah seksualitas anak yang sudah terlanjur menyimpang di usia baligh :
Orang tua terus menjalin komunikasi yang baik dengan anak, memperhatikan pergaulannya, orang tua instropeksi, mohon ampun pada Allah, dan bisa meminta bantuan tenaga ahli.

#2 Perlukah mengenalkan alat kelamin pada anak yg baru bisa bicara (1-2 thn)? Bagaimana caranya? Apa harus nama aslinya?
Perlu karena walaupun masih kecil mereka bisa merekam informasi apapun yang diterima. Bisa disampaikan saat kita memandikan anak, atau memakaikan baju anak sambil dijelaskan fungsinya. Sebutkan dengan nama "ASLI" agar ke depan tidak canggung dalam mengucapkannya 😇

#3 Kadang dilema saya, saya selalu mengajarkan anak saya usia 7 hampir 8 th untuk menyayangi kaum perempuan, karena mama nya ini juga perempuan, nah sering saya ngebatin sendiri dengan istilah "penyetaraan gender".
Setahu kami dalam Islam tidak ada kesetaraan gender. Perempuan dan lelaki berbeda. Semua punya tugas dan peran masing2. Tapi jika seperti masalah pendidikan, kesempatan hidup layak, semuanya sama.
Mungkin istilahnya perlu diganti jangan kesetaraan gender. Lalu terkait menyayangi lawan jenis itu berkaitan dengan mahrom. Perlahan kita kenalkan pembagian mahrom.

- Review Materi Presentasi Kel. 1 BunSay IIP Tangerang Batch #3 (Respati, Tina, Eka) -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar