Kamis, 15 Maret 2018

Anak & Buku


Hari ini Babeh masih libur kerja karena sakit. Mufid diajak main agak jauh dari Babeh dulu supaya babeh bisa istirahat dengan cukup. Ibun dan Mufid "piknik" di dekat meja makan dengan membawa buku "Burung Hantu" yang kemarin dibelikan Babeh di toko buku. Mufid membolak-balik buku sementara Ibun membacakannya.

Semi boardbook "Burung Hantu" ini halamannya sedikit dan kalimatnya pendek sehingga mudah untuk anak mengulang kembali kalimat yang dibacakan. Gambarnya sesuai dengan isi cerita kalimat sehingga saat menceritakan kembali seperti sedang menyebutkan gambar di halaman buku tersebut.

Sebelum tidur malam Mufid membaca buku "Aku Selalu Hati-Hati" yang malam sebelumnya sudah Ibun bacakan. Ini gaya Mufid membaca buku, "Kaki Sali kena pisau, sakit, diobatin ibunya. Ini pahit. Howeeek (ekspresi kalau makan sesuatu yang pahit)...nggak tahunya obat. Ini bukunya kena api, bolong deh."

Setelah itu saya membacakan buku "Aku Suka Buku". Setiap halaman buku terdiri dari tokoh Sali bersama anggota keluarga yang berbeda dan tema buku yang juga berbeda. Buku ini mengingatkan saya setiap anggota keluarga punya ketertarikan yang berbeda sehingga mungkin jika membacakan buku sesuai ketertarikan masing-masing pesannya akan lebih sampai ke anak.

Ibun dan mufid :
Burung Hantu oleh Ana P.D.
Aku Suka Buku (Halo Balita) oleh Irfan AmaLee

Mufid : Aku Selalu Hati-Hati (Halo Balita) oleh Irfan AmaLee

Ibun : Sabtu Bersama Bapak oleh Adhitya Mulya 2/3 buku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar