Jumat, 09 Maret 2018

Terima Kasih, Allah.


Mufid membaca buku "Apa yang Dimaksud dengan Energi?"

Hari ini Ibun dan Mufid mendapat 2 daun dari 2 buku yang kami baca bersama.
Mufid sudah bisa diajak diskusi saat membaca dan tentu suka bertanya. Saat membaca buku tentang Energi saya arahkan perhatiannya ke gambar kesukaannya yaitu mobil, "Mufid, kira-kira kenapa mobil bisa berjalan?" Lalu kami diskusi sedikit dan melanjutkan membaca. Hal yang paling mudah disampaikan adalah Mufid harus makan dan minum supaya memiliki energi/ tenaga untuk main.


Halaman "Apa yang Dimaksud dengan Energi?"



Komik sains berjudul "Terima kasih, Tuhan, telah menciptakan tuan matahari" mengingatkan saya betapa Maha Hebatnya Allah mengatur kehidupan manusia dan alam semesta. Semua yang ada di dunia tak luput dari kehebatan Allah. Jika kita bilang kita punya energi karena makan dan minum, coba kita lihat lagi siapa yang menciptakan air? Allah. Bagaimana air sampai pada kita? Disalurkan melalui pipa dengan bantuan listrik. Listrik ada yang menggunakan tenaga air, batu bara, dan nuklir. Batu bara berasal dari fosil tumbuhan dan hewan yang mati dan telah terkubur lama. Sebelum mati, tumbuhan dan hewan tersebut mendapatkan energi dari matahari. MasyaAllah, baru 1 hal saja butuh penjelasan panjang. Bayangkan betapa banyak nikmat yang Allah berikan, akankah kita sanggup menghitungnya?

Sebelum tidur Ibun dan Mufid membaca buku "Ramah" yang mengingatkan kami untuk berbagi, misalnya berbagi tempat pada yang baru datang dalam majelis/pertemuan. Saya suka buku ini karena mengisahkan sifat dan sikap Rasulullah dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami anak.

~Buku yang kami baca~
Mufid dan Ibun :
*Apa yang Dimaksud dengan Energi (Confidence in Science) oleh Yang Dae-Sung, Penterjemah Adinda Presanti
*Ramah (Seri Teladan Rasulullah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar