Rabu, 07 Maret 2018

Membaca Bersama, Belajar Bersama


Mufid membaca buku saat piknik di rumah

Pagi ini kami mulai dengan bermain piknik sambil membaca 2 buku yaitu "Berlibur ke Pesisir" dan "Aku Bisa Wudhu dan Sholat". Sambil membaca buku "Aku Bisa Wudhu dan Sholat", saya menyanyikan lagu wudhu dan Mufid memperagakannya. Pada bagian cuci tangan Mufid bisa membedakan mana yang kanan dan kiri. Alhamdulillah 😊

Ini lagu wudhu yang saya tidak tahu nama penciptanya (maaf)

Cuci dua tangan lalu kumurlah
Bersihkan hidung
Cuci mukamu
Cuci tangan kanan
Cuci tangan kiri
Basuhlah rambut
Telinga lalu kaki

Malam harinya, sebelum tidur saya membacakan 2 buku lagi untuk Mufid. Saat membaca "Early Bird" kami menirukan suara burung dan beberapa gerakan yang dilakukan burung. Saat membaca "I Love You to the Moon", ada satu halaman pada buku yang membuat Mufid hampir selalu bertanya, "Ibunya nana (ibunya mana)?" Karena di halaman lain selalu ada gambar anak dan ibu. Bagian ini membantu saya menjelaskan bahwa ibun tidak bisa selalu ada di sisinya karena harus melakukan pekerjaan lain.

~Buku yang kami baca~
Mufid dan Ibun :
Aku Bisa Wudhu dan Sholat (Halo Balita) oleh Perla
Berlibur ke Pesisir oleh Ana Melasari
Early Bird oleh Tony Yuly
I Love You to the Moon oleh Elizabeth Bennett

Ibun : Aku Bisa Wudhu dan Sholat (Halo Balita) oleh Perla
Saat membaca ulang saya menemukan cara mendapat inspirasi membangunkan anak sholat shubuh dengan "iming-iming" jalan-jalan dan tidak terburu-buru.

Pohon literasi kami hari ke-6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar